Perbedaan logam mulia ANTAM dan UBS

Bagi warga Indonesia yang tertarik untuk berinvestasi emas logam mulia, ada dua merek emas batangan yang kerap beredar di pasaran. Dua jenis emas batangan, yaitu logam mulia Antam dan akuub logam mulia.

Kesamaan antara emas Antam dan UBS adalah, pertama, sama dengan logam mulia dengan kadar kemurnian 99,99% atau setara dengan 24 karat. Kedua, baik logam mulia Antam maupun UBS memiliki sertifikat keaslian.

Jika emas Antam adalah emas yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang yang merupakan perusahaan milik negara, maka UBS adalah emas yang dibuat oleh perusahaan swasta. Perusahaan tersebut adalah PT Untung Bersama Sejahtera yang telah berdiri di Surabaya sejak tahun 1981.

Sepintas hanya produsennya saja yang berbeda, namun ternyata masih banyak perbedaan lain antara 2 gold tersebut.

Berikut perbedaan emas ANTAM dan emas UBS:

Konten Emas

Karat sebagai mekanisme untuk mengukur tingkat kemurnian emas berdasarkan persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Emas ANTAM dan UBS ke-2 memiliki grade yang sama, yaitu 99,99%.

Dimensi Emas

Dimensi emas ini merupakan ukuran emas yang memiliki berat yang sama. Dimensi emas ANTAM lebih kecil dari emas UBS.

Waktu Pemesanan

Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan untuk memesan emas ANTAM. Sedangkan pesan emas UBS membutuhkan waktu yang lebih singkat.

Formulir Sertifikat

Untuk emas tua produksi Antam, sertifikatnya terpisah dari emas. Sertifikat emas lama Antam berupa kartu dalam plastik.

Bentuk sertifikat emas UBS ukuran 0,5 g sampai dengan 4 g berupa kartu tebal yang disatukan (dilaminasi) dengan kepingan emas. Dan sertifikat emas UBS dalam pecahan 5 g sampai 100 g berbentuk kertas holografik dan dipisahkan dari emasnya.

Harga

Harga emas Antam lebih tinggi dari harga emas UBS.
Perbedaan harga ini dikarenakan sertifikat emas Antam berlaku secara internasional sedangkan sertifikat emas UBS berlaku secara nasional. Selain itu, emas Antam lebih kecil dari emas UBS sehingga meningkatkan biaya produksi.

Apa Keunggulan UBS Gold?

Dimensi Lebih Besar

Para pecinta emas Antam mungkin merasa lebih suka memiliki emas karena dimensinya yang lebih kecil. Namun jika ingin merasakan kesan yang lebih memuaskan saat memiliki emas, Anda bisa membeli emas UBS. Dengan ukuran gramasi yang sama, emas UBS memiliki dimensi yang lebih besar sehingga sangat bagus untuk dijadikan koleksi.

Harga Lebih Murah

Dari segi harga, emas UBS sedikit berbeda dengan emas Antam. Harga UBS sedikit lebih murah, apalagi jika Anda membelinya dalam ukuran gramasi yang besar.

Waktu Pemesanan Lebih Singkat

Salah satu keunggulan yang dimiliki UBS gold adalah waktu pemesanan yang lebih singkat. Jika Anda ingin mencetak emas Antam, dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk membuatnya. Sedangkan UBS dapat dipesan dalam waktu yang lebih singkat.

Meskipun memiliki beberapa perbedaan, Apapun produk yang Anda pilih, pastikan Anda membeli dari tempat yang paling terpercaya. Pastikan setiap produk emas batangan yang Anda miliki memiliki sertifikat. Sertifikat ini penting, tidak hanya untuk menunjukkan keaslian emas, tetapi juga untuk menjaga nilai emas tetap bagus dan mudah dipasarkan. Anda dapat memilih emas sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Terakhir, perlu diketahui, 2 merek emas batangan ini dapat dibeli secara online.