Ini Alasan Truk Trailer Mempunyai Ban Ganda di Belakang

Secara umum, truk sampah atau kereta gandeng merupakan kendaraan niaga yang memiliki peran penting untuk mengangkut beban berat melalui jalur darat. Namun, ketika menengok ke belakang, banyak yang bertanya mengapa truk menggunakan ban ganda untuk roda belakang? Ternyata hal ini memiliki alasan tersendiri.

Alasan truk menggunakan roda ganda di belakang

Mengapa truk diharuskan menggunakan roda ganda, terutama di bagian belakang karena truk memiliki tekanan tanah yang cukup besar dan bobot yang berat, terutama saat mengangkut kargo. Ground pressure sendiri adalah besarnya tekanan dari berat truk yang diterima oleh bidang kontak atau permukaan tapak ban yang menempel langsung ke tanah. Itu sebabnya truk komersial diharuskan menggunakan roda ganda di bagian belakang.

Karena jika ban belakang hanya menggunakan satu ban, maka ground pressure terkumpul hanya di satu area contact patch tapak ban sehingga ground pressure menjadi besar. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis akan mengurangi daya dukung truk, atau dengan beban yang sama ban truk akan kehilangan. Jadi lebih tepatnya, sangat diperlukan ban dalam jumlah besar di area belakang truk untuk memperluas area kontak kontak ban dengan beban ke permukaan tanah.

Dengan beban yang sama, jika ada dua ban, tekanan tanah bisa lebih menyebar. Sehingga semakin rendah tekanan tanah ban truk maka semakin besar daya dukung truk tersebut.

Bagaimana ban ganda memengaruhi truk dengan ukuran berbeda?

Truk, atau truk tambang khusus biasanya memiliki distribusi beban yang lebih besar di bagian belakang, sehingga sangat tepat menggunakan ban ganda. Ban ganda ini adalah dua ban yang digabungkan menjadi satu untuk menopang beban yang lebih berat. Jika truk sedang beroperasi dan ada masalah dengan salah satu ban ganda dan perlu diganti sebelum waktunya, apa yang harus Anda perhatikan?

Jawaban yang jelas adalah kita harus menggunakan teknik pencocokan ban ganda atau cara mencocokkan dua ban ganda pada satu poros. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah ukuran ban, jenis konstruksi ban (bias atau radial), jenis ban (tubeless atau menggunakan ban dalam), pola tapak ban harus sama, tinggi ban (diameter keseluruhan). tekanan udara ban dan jarak offset pelek (spasi ganda).

Jika berbagai hal di atas tidak terpenuhi maka ban tidak akan cocok (mismatching), yang dapat mengakibatkan banyak kerugian. Pertama ban pecah, keausan ban tidak merata, umur pakai kilometer pendek. Ban berukuran lebih tinggi berpotensi meledak lebih dulu, karena ban yang lebih tinggi membawa lebih banyak bobot di sepanjang jalan.

Sementara itu, ban yang lebih pendek atau lebih kecil berpotensi aus lebih dulu karena selip terus menerus di sepanjang jalan yang mengakibatkan abrasi atau erosi. Kemudian jika tekanan udaranya berbeda maka akan mengakibatkan keausan yang tidak merata.

Nah, itulah ulasan alasan mengapa truk dengan beban berat harus menggunakan roda ganda di bagian belakang. Selain itu, penggunaan roda ganda di bagian belakang juga harus diperhatikan dengan baik. Tentunya semua ini demi keselamatan dalam berkendara dan tentunya untuk meningkatkan kelancaran bisnis Anda.

Postingan Ini Alasan Truk Trailer Punya Ban Ganda di Belakang pertama kali muncul di automotivemagz.com.